oleh

122 Pasang Di Seluma Jalani Isbat Nikah Terpadu

RbtvCamkoha – Setelah dibuka oleh Bupati Seluma Erwin Octavian pada Senin (22/11) lalu, sidang isbat terpadu yang diselenggarakan Pemkab Seluma bersama Pengadilan Agama Tais, Jumat (26/11) siang resmi ditutup Sekretaris Pemkab Seluma Hadianto, dan Ketua Pengadilan Agama Ramadaniar.

Kabag Kesra Sekretariat Pemkab Seluma, Supardi yang juga selaku panitia penyelenggara isbat nikah terpadu mengatakan, isbat nikah digelar selama 5 hari dari tanggal 22 November – 26 November 2021.

Dalam kegiatan ini tercatat ada 122 pasang suami/istri yang berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Seluma, yang mengikuti sidang isbat karena belum memiliki dokumen resmi berupa buku nikah yang diakui oleh negara.

“Ada 123 pasang yang mengikuti sidang isbat nikah terpadu ini, kegiatan ini kita adakan selama 5 hari, dari tanggal 22 November – 26 November 2021”, ujar Supardi.

Lanjutnya, Supardi menyebut ada sekitar 2 ribuan pasang lagi di Kabupaten Seluma yang belum bisa mengikuti sidang isbat nikah terpadu.

Salah satu kendala yang dihadapi yakni tidak seluruh pasangan bisa dilakukan isbat terpadu, dikarenakan suami/ istri yang akan mengikuti sidang isbat, sebagian besar belum memiliki akta cerai atau akta meninggal bagi pasangan yang sudah meninggal, dan harus dilakukan isbat mandiri, dengan melakukan penelitian hakim pengadilan agama Tais dengan saksi-saksi dan dokumen yang lebih komplek.

(Hari Adiyono)

Komentar

News Feed