oleh

Buang Sampah Sembarangan, Warga Bisa Didenda Hingga Rp 50 Juta

RBTVCamkoha – Warga yang terbukti membuang sampah sembarang di Seluma bisa dikenakan sanksi denda paling banyak Rp 50 juta atau pidana maksimal 6 bulan penjara.

Kabag Hukum Setkab Seluma Nurpadliyah, SH mengatakan, ada dua peraturan daerah yang mengatur soal sanksi membuang sampah sembarangan.

Pertama, yakni Perda Nomor 6 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian sampah. Kedua, Perda Nomor 6 Tahun 2014 tentang Ketertiban Umum. Selain itu, dalam perda tersebut tak hanya menyebut sanksi dan denda, namun masyarakat yang turut berperan mengolah sampah juga bisa diusulkan mendapatkan perhargaan atau kompensasi.

“Perda No. 6 Tahun 2017 itu sanksinya denda uang paksa maksimal Rp 50 juta. Kalau Perda No. 6 Tahun 2014 terkait dengan ketertiban umum, itu sanksinya adalah sanksi kurungan pidana atau denda,” ujar Nurpadliyah.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Seluma Hadi Susanto menyebut untuk menegakan Perda Nomor 6 Tahun 2014 pihaknya akan melibatkan Satpol PP sebagai instansi penegak perda, untuk lebih menggiatkan lagi sosialisasi Perda tersebut, agar tidak ada lagi warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan terutama ke sungai.

“Iya untuk menegakan perda tersebut kita menggandeng Satpol PP sebagai aparat penegak perda”, tegas Hadi Susanto.

Lanjutnya, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Seluma akan segera mengoperasikan TPA yang telah dibangun di Desa Talang Sali Kecamatan Seluma Timur.

(Hari Adiyono)

Komentar

News Feed