oleh

Irigasi Dibuka, Petani Seluma Sambut Suka Cita

RBTVCamkoha – Petani Seluma akhirnya bisa bernafas lega, setelah sekian lama ribuan hektare sawah menjadi lahan tidur dan tidak dapat dimanfaatkan karena adanya proyek rehab irigasi yang dilakukan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) 7 Provinsi Bengkulu dibawah naungan Kementerian PUPR selama 2 tahun terakhir.

Setelah 2 kali didemo ratusan petani dan mendatangi langsung ke Balai Wilayah Sungai Sumatera 7 Provinsi Bengkulu, akhirnya Minggu (26/1) sore pintu irigasi dibuka oleh petugas penjaga pintu air atas perintah Kepala Balai sesuai hasil kesepakatan sebelumnya.

Salah seorang petani Syamsir Ardi (59) mengaku senang dengan kembali dibukanya pintu irigasi, karena masyarakat petani Seluma akhirnya dapat kembali beraktifitas setelah 2 tahun lamanya istirahat.

“Syukur alhamdulilah, jujur kami bukan mencari kekayaan tapi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga dan pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera 7 akhirnya mendengarkan keluhan kami, dan kini sudah bisa mengolah sawah lagi”, tutur Syamsir Ardi.

Masyarakat petani sejak Senin (27/1) pagi mulai bergotong royong membersihkan irigasi jaringan tersier, agar air dari Bendung Air Seluma dapat dialirkan hingga ke areal persawahan mereka.

(Hari Adiyono)

Komentar

News Feed