oleh

Media Lokal di Bengkulu jadi Bahan Survei Kemkominfo

RbtvCamkoha-Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo) melaksanakan kegiatan Survei Persepsi Media Daerah terkait Pemberitaan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) di Provinsi Bengkulu, Senin (1/12). Dalam survei kali ini, Tim Kemkominfo didampingi langsung oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkulu.

Survei ini dilakukan untuk memetakan pemberitaan terkait vaksinasi COVID-19, kepatuhan terhadap protokol kesehatan, penanganan COVID-19 dan program pemulihan ekonomi nasional di Provinsi Bengkulu. Adapun responden survei, terdiri dari 15 awak media massa cetak, elektronik dan online, dengan masing-masing responden yang merupakan jurnalis/reporter serta manajemen media massa. Media yang menjadi responden survei kali ini diantaranya, TVRI Bengkulu, RB TV, BE-TV, Bengkulu Ekspress, Rakyat Bengkulu, RRI Bengkulu, Flamboyan FM, Santana FM, sedangkan responden media online terdiri dari bengkulu.antaranews.com, rakyatbengkulu.com, bengkuluekspress.com, beritaterbit.com, tuntasonline.com, rakjat.com dan mannanesia.com.

“Tujuan kami melaksanakan survei ke Bengkulu ialah untuk mendapat masukan dari teman-teman media di daerah terkait upaya diseminasi konten yang telah dilakukan. Nantinya data dan temuan ini, akan kami jadikan bahan kajian untuk pengambilan kebijakan komunikasi publik penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional selanjutnya.” ungkap Ketua Tim Survei Marhendi Wijaya di Bengkulu, Rabu (1/12/2021)

Tim survei turut menyambangi Kantor Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Provinsi Bengkulu dan mendapatkan arahan langsung dari Kepala Dinas

Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu, Jaduliwan, S.E., MM dan Kepala Bidang IKP Provinsi Bengkulu, Henri, S.STP.

“Kami sangat mengapresiasi survei yang dilakukan pemerintah pusat terkait persepsi media daerah terhadap pemberitaan penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional ( PCPEN) di Bengkulu ini. Kami selaku pemerintah provinsi berusaha untuk menjalankan dan mensinergikan program yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Untuk itu, hasil temuan daripada survei ini juga akan menentukan arah kebijakan yang akan kami ambil di tatanan Provinsi Bengkulu.” papar Jaduliwan selaku Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi BE TV Bengkulu Dwi Aris Noprianto menyambut gembira kehadiran Kementerian Kominfo yang langsung secara fisik melakukan survei di Bengkulu. “Kami di Bengkulu berharap punya akses langsung ke Kominfo Pusat sebagai sumber berita utama yang sifatnya A satu. Ini sangat penting karena dapat menjawab berita-berita hoaks di masyarakat.” Paparnya.

(Kemkominfo)

Komentar

News Feed