oleh

Pemilik PT.Sindang Brother Melenggang Bebas, Sopir Divonis MA 4 Tahun Penjara

RbtvCamkoha-Nasib miris dialami Malian Sahri alias Mahlian Sahari. Pasca di vonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bengkulu pada April 2020 lalu, Hakim Agung Suhadi selaku Ketua Majelis bersama Hakim Syamsul Rakan Chaniago dan Agus Yunianto dalam putusannya pada Senin 31 Agustus 2020 mengabulkan permohonan Kasasi Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Kepahiang dengan menjatuhkan pidana penjara selama 4 tahun dan denda 200 juta subsidaer 6 bulan kurungan penjara.

Sebagai sopir pribadi keluarga Riko Madari, Malian dinyatakan bersalah telah melakukan korupsi dalam proyek preservasi rehabilitasi jalan batas kota Kepahiang – simpang kantor Bupati Kepahiang tahun anggaran 2017 dengan total kerugian negara 3,4 miliar.

Penasehat hukum Malian mengaku, memang dalam fakta persidangan terdakwa berstatus Direktur Utama PT.Sindang Brother, namun itu terjadi karena Malian diminta oleh Riko Kadafi adik ipar mantan Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti. Sebagai sopir keluarga, Malian yang tidak lulus Sekolah Dasar dan berstatus dirut hanya menerima gaji 1,6 juta per/bulan.

Etika Merianti juga menegaskan, dalam amar putusan pun ada disenting opinion antara Ketua Majelis dan 2 hakim anggota, Hakim Suhadi berpendapat bahwa terdakwa Malian hanya sebagai boneka. Pasca turunnya putusan kasasi, posisi Riko Kadafi yang berstatus tersangka masih melenggang bebas dan belum sama sekali diproses hukum dengan alasan sakit.

Agus Faizar

Komentar

News Feed