oleh

Wow! Tenangan Literasi Wakili Provinsi Bengkulu Ke Pusat

RbtvCamkoha – Tenangan Literasi (Teras) Desa Tenangan Kecamatan Seluma Timur, berpeluang mewakili Provinsi Bengkulu ke tingkat nasional, dan bersaing dengan 23 Provinsi lainnya di Indonesia.

Ini setelah kedatangan tim juri Fact Finding
Pemilihan Pemuda Pelopor tingkat Nasional Bidang Pendidikan, staf Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora yang meninjau langsung ke Desa Tenangan, pada Jumat (1/10/2021).

Pemuda Seluma pelopor pendiri Tenangan Literasi, Yuresta Eko Putra menerangkan sejak 2 tahun berdiri, Teras sudah berhasil meraih juara 1 di tingkat Provinsi Bengkulu lomba Pemuda Pelopor bidang pendidikan, pada 6 September 2021 lalu.

Dengan modal swadaya masyarakat dan lintas komunitas, Teras saat ini sudah memiliki ratusan buku bacaan hasil sumbangsih donatur, yang kini diminati anak-anak diusia dini dan sekolah dasar, bahkan di Teras ini juga ada pelajaran Aksara Ulu yang merupakan huruf asli Seluma, yang tidak diajarkan di pendidikan formal.

“Teras ini berdiri 2 tahun lalu pak, awalnya berkat sumbangsih para donatur yang menyumbangkan buku bacaan untuk bisa dibaca anak-anak di Desa kami”, terang Yuresta.

Menyikapi hasil peninjauannya, tim juri Fact Finding Pemilihan Pemuda Pelopor tingkat Nasional Bidang Pendidikan, staf Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, K. Toto mengatakan Tenangan Literasi ini sangat berpeluang mewakili Provinsi Bengkulu untuk mengikuti lomba di tingkat Nasional, karena sangat berpengaruh bagi generasi muda, terlebih bila Pemerintah Kabupaten Seluma mensupport peran Pemuda Pelopor bidang pendidikan ini.

“Ini sangat menginspirasi karena sangat berpengaruh luas bagi generasi muda di Kabupaten Seluma, sehingga sangat layak mewakili Provinsi Bengkulu untuk bisa ke Jakarta”, ujar K. Toto.

Sementara itu, Asisten 1 Setkab Seluma mewakili Bupati Seluma Erwin Octavian konsisten mensupport peran Pemuda Pelopor Teras ini hingga ke Jakarta.

“Kita siap memfasilitasi, dan mendukung penuh keberadaan dan peran Pemuda Pelopor dibidang pendidikan ini hingga ke Jakarta”, tutur Mirin Ajib.

Turut hadir dalam peninjauan ini, Kadisparpora Seluma Rijono dan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Seluma Rosdiana beserta beberapa jajarannya.

(Hari Adiyono)

Komentar

News Feed